Tahun-Tahun Penting Perkembangan Virus

Sampai saat ini ada puluhan ribu virus yang menyebar pada sistem-sistem komputer di seluruh dunia. Jumlahnya diperkirakan mencapai lebih dari 70.000.

Sebenarnya, dari mana virus-virus tersebut bermuasal, mengapa mereka menyebar dan sampai kapan mereka menghentikan kegilaannya ? Banyak pertanyaan yang harus dijawab. Disarikan dari PCWorld.com, berikut adalah sejumlah potongan kisah virus yang selama ini menghantui dunia komputer.

1982. “Elk Cloner”, diyakini sebagai virus pertama yang muncul. Menyebar melalui floppy-floppy komputer Apple II dan menampilkan pesan pada layar yang berbunyi: It will get on all your disks It will infiltrate your chips Yes it’s Cloner!

1983. Seorang lulusan USC, Fred Cohen, adalah orang pertama yang menggunakan istilah virus untuk menggambarkan program komputer perusak dan dapat menyebar sendiri.

1986. Brain, virus pertama yang hinggap pada PC IBM. Muncul di floppy berukuran 360KB. File teks yang ditemukan di dalamnya berisikan nama dan alamat si pembuat virus. Mereka adalah warga Pakistan bersaudara, Basit dan Amjad Farooq Alvi. Karya mereka tidak menimbulkan kerusakan berarti. Sebagai penjual software, mereka menganggap tindakan tersebut bukanlah hal berbahaya. Mereka lakukannya untuk mengukur tingkat pembajakan software di negara mereka.

1987. Sebuah virus percobaan lolos dari sebuah laboratorium komputer di Israel. Dikenal sebagai Jerusalem, virus ini menyerang setiap hari Jumat yang jatuh pada tanggal 13 dan menghapus program-program yang beroperasi pada hari itu.

1988. Seorang lulusan Robert Morris, Jr., Cornell, membuat worm pertama yang menyebar via internet. Worm ini mematikan 6000 komputer bersistem operasi Unix dan menyebabkan kerugian material sebesar US$10 juta sampai US$100 juta.

1990. Muncul virus pertama karya pembuat virus asal Bulgaria “Dark Avenger”. Bulgaria juga merupakan kawasan dimana buletin elektronik untuk para penulis virus muncul pertama kali. Buletin ini digunakan sebagai media pertukaran kode program virus. Eropa bagian timur kemudian menjadi kawasan subur tumbuhnya program-program pengganggu.

Ada 300 virus yang diketahui sampai tahun ini.

1991. Tequila, adalah virus polymorphic (memiliki banyak bentuk) pertama. Menyebar melalui hardisk yang dipakai beramai-ramai. Virus Polymorphic dapat merubah bentuknya untuk menipu software anti-virus. Seiring dengan berakhirnya tahun, lusinan virus polymorphic terdeteksi.

1992. Michelangelo menjadi virus pertama yang berhasil menarik perhatian media masa. Terdeteksi pertama kali pada 6 Maret (tanggal kelahiran sang seniman yang dijadikan nama virus) dan menghinggapi hardisk komputer para korban. Michelangelo berhasil menginfeksi kurang-lebih 5.000 sampai 10.000 komputer – jauh lebih sedikit dari yang diperkirakan.

1994. Ancaman yang muncul lewat e-mail, pertama kali disebarkan virus Good Time di seluruh internet, merupakan virus pertama yang menjadi cikal bakal dari sekian banyak virus sejenis yang kemudian muncul.

1995-1997. Concept, virus yang menyerang macro pada Microsoft Word. Ini merupakan virus pertama yang dapat menginfeksi komputer bersistem operasi Windows dan Macintosh.

Hingga tahun 1997, jumlah virus yang terdeteksi mencapai 10.000 lebih.

1998. Kelompok hacker, Cult of the Dead Cow, mengeluarkan Back Orifice, seperangkat tool yang digunakan untuk membuat program-program Trojan horse yang memungkinkan para hacker menginfeksi PC-PC yang tak terproteksi untuk kemudian melakukan kontrol dari jarak jauh.

1999. Tahun ini adalah tahun kemunculan Melissa. Ini adalah virus pertama yang memanfaatkan kumpulan alamat yang terdapat pada komputer korban. Alamat-alamat tersebut digunakan untuk mengirimkan dirinya melalui e-mail ke user-user lain. Virus ini menyebar ke seluruh dunia hanya dalam hitungan jam.

2000. Tahun ini dibanjiri serangan berupa denial-of-service yang melumpuhkan Amazon.com, CNN, Yahoo dan situs-situs besar lainnya hanya dalam beberapa hari.

Virus LoveLetter (surat cinta) menyebar ke jutaan komputer di malam hari. Mencuri user name dan password dari komputer korban.

2001. Virus Anna Kournikova muncul dalam bentuk lampiran (attachment) pada e-mail. Pengirimnya mengiming-imingi korban dengan foto sang atlet tenis asal Rusia tersebut. Para analis menilai virus ini sebagai virus pertama yang sukses dibuat oleh seorang “script kiddie”, istilah yang diberikan kepada seseorang yang menulis virus dengan tool-tool yang di-download di internet.

2002. Worm Klez, muncul pertama kali. Hinggap di sejumlah server e-mail dan melumpuhkan software-software anti virus.

2003. Tahun ini dijuluki sebagai “Tahunnya Virus”. Serangan yang terus-menerus dan memangsa sistem-sistem komputer di seluruh dunia secara silih berganti. Slammer, Blaster dan Sobig. Melumpuhkan sejumlah server e-mail dan menimbulkan kerugian material sampai jutaan dolar akibat kehilangan produktivitas. Para analis sepakat: kita belum pernah melihat yang seperti ini sebelumnya.