Bahasa

kebayang gak si kalo di dunia ini gak ada bahasa, atau kita (manusia) gak punya bahasa? berabe keknya.. bagaimana kita bisa berkomunikasi kalo gak ada yang namanya bahasa… gak semua bahasa itu bisa di dengar, tapi kan ada juga bahasa yang bisa di mengerti dengan malihat gerak-gerik, ya misal aja kalo lo bilang “bahasa tubuh ohh yesshh”. LOL huehu lo si ingetnya ke arah sana.. tapi kan emang iya.. bahasa gak selalu bisa di dengar.

di dunia ini banyak banget macem bahasa, inggris misalnya bahasa yang di kenal di seluruh dunia, semua orang setidaknya mengerti kata “yes” sama “no” —|bukan oh yes oh no, itu sih emang kegemaran lo—|. tapi yang jadi masalah.. karena begitu banyak ragam bahasa, gak semua orang bisa menguasainya dengan baik, ada yang mengerti dengan baik, ada yang sepotong2 ada juga yang gak ngerti sama sekali.

gw ambil HTML (HyperText Markup Language), sebagai salah satu contoh dari bahasa di atas, adalah bahasa yang menurut gw termasuk universal juga, soalnya dari banyak suku, bangsa, di dunia mengenal HTML, karena keindahan dari bahasanya (cieeee) orang memadukannya dengan cita rasa seni (aishhhh gaya euy). apalagi dengan tersedianya utility atau tool pembuat htm/html yang menggunakan interface WYSIWYG, orang kebanyakan sekarang tinggal klik inidan klik itu maka ta daaaa jadi lah sebuah web. begitu simple, mudah dan menyenangkan!

tapi dari kesekian utility tersebut cuman beberapa aja yang memperhatikan valid atau gak validnya HTML tersebut, HTML, bukan tulisan tulisan yang gak berarti, termasuk bahasa keseharain kita, kita bisa aja bilang, “ah si ezie gak gaol”, atau “si ezie anaknya gaul banget”, atau “gue banget” :) hiehieih bahasa anak muda sekarang ^-^

HTML mempunyai aturan tersendiri dalam penulisannya. hal ini membuat orang terasa ciut untuk mencoba memperhatikan aturan dari HTML, karena sering terjadi hasilnya jadi tidak seindah yang kita harapkan, padahal kalo kita gak ngikutin aturan penulisan.. hasilnya bagus banget deh. yang penting orang bilang “WOW.. webnya keren bo!.. hebat kamu, ajarin dong ^-^” tapi ketika kita validasi.. semua baris error. emang sih gak jadi masalah.. ya seperti saat ini gw nulis kacow gini gak pake aturan. bahasa indonesia bukan.. bahasa inggris bukan. bahasa sehari-hari yang nyatanya gak baku, tapi kalian ngerti, itu yang pasti.

gitu juga dengan browser, gak di perlukan bahwa HTML yang kita tulis mesti valid/baku, yang penting browser kita ngerti. dan hasilnya menjadi bagus.